Kamis, 17 November 2016

River Tubing Pusur

Perkenalan kami dengan temans RTP (River Tubing Pusur) berawal saat beroperasi Warung KaTa Pusur dimulai awal November 2016 lalu. Sekumpulan anak muda dimotori oleh Mas Iwan, Nungki dkk yg menghabiskan masa kecilnya bermain di Sungai Pusur. Ingin melestarikan sungai dengan cara uniknya, yg tetep fun, dipilihlah kegiatan wisata tubing.

Sungai semakin kotor karena orang buang sampah plastik ke sungai. Plus kebiasaan untuk membuang buangan jamban ke sungai. Mendorong agar publik kembali menghormati sungai hidup selaras alam melalui wisata sungai, menjadi tantangan kita semua.


River Tubing Pusur
Rafting tuh pake perahu. Kayaking pake kayak. Tubing pake tube (ban dalam mobil). Kayaknya sih begitu pengertian ala-ala-nya. Idealnya namanya 'ngeban' aja yah atau 'banning' haha.

Apakah arus Sungai Pusur selalu tenang. Seperti juga kehidupan, ada aja riak yg membuat ban yg anda tumpangi kejungkel-jungkel. Katanya sih disitu letak pacu adrenalinnya. Selain beberapa opsi misalnya meluncur dari ketinggian Dam Polan. So mystique mengambang di air sungai di bawah rindangnya pohon bambu sekitaran sungai, komentar seorang peserta tubing. Saat melewati Jembatan Polan, nah deket tuh WKP dari situ. Gak ada tangga sih naek ke atas hihi.  

Book dulu kalau mau nubing kata Muklis. Kita bisa persiapkan alat-alat keamanan, ban, mobil menuju lokasi dan penjemputannya, break pisang dan teh hangat (paket 40rb), termasuk photos, makan nasi dan kelapa muda (paket 60rb).   

Mencapai Sungai Pusur
Menurut google map, jarak dari Tugi Jogja ke Warung KaTa Pusur / pangkalan River Tubing Pusur adalah 50 km (bagus banget angkanyah). 1,5 jam lah kurleb. Kalau dari Solo, 25 km. 

Basecamp RTP terletak di Dusun Jragan, Desa Wangen, Polanharjo, 200 meter dari Warung KaTa Pusur (http://warungkatapusur.blogspot.co.id/2016/12/warungkatapusur.html). Titik pertama turun tubing terletak di Dusun Ploso, berjarak 300 meter dari WKP. Peserta akan diangkut menggunakan mobil pick up terbuka menuju titik turun pertama.

Rute Tugu Jogja ke RTP/WKP. Abaikan blue dot (Martani Tulung, Kalasan).

Ada banyak cara mengekspresikan diri untuk mencintai sungai. Pilih yg anda suka dan sesuai dengan kondisi. Safety first tentunya.

Kontak Muklis RTP = 0856.4748.7604 atau Yusup WKP = 0813.1780.5953 untuk detil info.


Blog River Tubing Pusur:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar