Minggu, 27 November 2016

Berenang Cantik di Umbul Sigedang dan Umbul Kapilaler, Klaten

Apa kegiatan liburan anda? Wisata umbul-umbul di sekitaran Polanharjo Klaten yg jumlahnya 13 buah. Klaten memang dikenal sebagai sumber air berlimpah. Umbul Sigedang dan Umbul Kapilaler salah-satunya. Kedua umbul ini berdekatan lokasinya. 

Umbul Sigedang sedianya khusus laki-laki, ditutup bangunan dan diberi atap. Mata air Aqua Klaten adalah berasal dari mata air ini. Umbul Wedok atau Umbul Kapilaler adalah terbuka, airnya terlihat bening kehijauan, ada pohon beringin besar. Saat ini siapapun diperbolehkan mandi baik di Umbul Sigedang maupun Kapilaler. 

Umbul adalah nama lain untuk mata air alami yg dibiarkan menggenangi satu areal. Saat ini keberadaan umbul-umbul ini sudah dikelola oleh desa-desa setempat.

Lokasi Umbul Sigedang: Dusun Umbulsari, Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474, Indonesia. Dari Warung KaTa Pusur hanya 2 km saja. 

Berenang di Umbul Wedok atau Kapilaler.

Berbeda dengan berenang di kolam renang, berenang di umbul membutuhkan jenis kehati-hatian berbeda. Pakailah pakaian renang yg tidak terlalu terbuka, kecuali siap menjadi perhatian umum. Tidak terlalu rumit untuk laki-laki karena mereka bisa nyemplung dengan telanjang dada dan celana pendek. Perempuan biasanya menggunakan celana panjang, beberapa menggunakan hijabnya. Pastikan tidak menggunakan celana aladin, celana yg di kedua ujungnya dipasangi karet sehingga menggelembung saat terkena air. 

Dasar kolam adalah pasir dan batu. Berhati-hati saat melangkah. Tidak ada informasi tertera berapa kedalaman umbul ini. Jika anda tidak bisa berenang, tetaplah di tepian. Berendam cantik sangat menyegarkan. Apalagi di sekitar umbul banyak orang berjualan aneka makanan dan minuman. Sayang gorengan dan makanan instan yg mendominasi. Kalau mau pecel atau makanan tanpa MSG, datanglah ke Warung KaTa Pusur. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar