Sabtu, 26 November 2016

Sensasi Plecing Krokot Pusur Kandungan Omega 3 Tinggi

Plecing usul seorang ibu tetangga Warung KaTa Pusur di awal kami beroperasi. Belum ada yg jualan plecing di sini tambahnya. Kalau pecel sudah ada di beberapa warung. Kami memang mencari menu lokal yg tidak mengganggu warung yg sudah ada.

Menjelaskan Plecing Kepada Tetamu Asing di Warung KaTa Pusur.

Krokot adalah sayuran utama plecing. Lawannya adalah daun ubi jalar. Juara imbuh Bu Agus meyakinkan menu plecing. Kankung juga boleh. Pokoknya sesuatu yg lembut lah. Cara makannya dicolek ke bumbu plecing yg terbuat dari gula merah. Bawang merahnya dibakar agar plecing jadi harum. Tambahkan asam jawa sebagai penyedap.

Brambang asem adalah istilah lain plecing. 

Krokot Asam Linoleat
Krokot (Portulaca oleracea) berdaun kecil-kecil, batangnya berwarna semburat oranye. Sayuran yang berwarna hijau gelap ini biasanya tumbuh liar tapi juga ada yang membudidayakannya, Selain rasanya yang asam-asam enak, udah tau belum krokot memiliki kandungan gizi yang luar biasa?

Krokot memiliki kalori yang sangat rendah, kaya akan serat pangan, vitamin dan mineral. Dan yang paling mengejutkan, daun segar memiliki asam lemak omega 3 yang lebih banyak dari minyak ikan! Artinya krokot sangat efektif dalam mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, mencegah ADHD*, autisme, dan kelainan perkembangan anak-anak lainnya. 

Bisa nih vitamin yg baik untuk anak-anak yg sedang mengalami masa pertumbuhan. Asam linolenat dikategorikan sebagai asam lemak omega 3. Kandungan asam linolenat dan serat pangan diyakini dapat menurunkan kolesterol. Begini cara kerjanya, untuk mencerna serat pangan dibutuhkan asam empedu untuk mengemulsi serat pangan dalam usus. Organ hati dalam perut membutuhkan kolesterol untuk terbentuk asam empedu. Begitu juga dengan asam linolenat, asam linolenat dapat mengurangi kandungan LDL (Low Density Lipoprotein) atau disebut kolesterol jahat, dan meningkatkan produksi HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik, dengan begitu dapat membantu menghilangkan plak lemak yang menempel di pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Oleh karenanya penderita kolesterol dan diabetes diharapkan mengkonsumsi panganan yg mengandung asam linoleat tinggi, ya seperti krokot inilah.

Krokot Sulit Dicari
Beberapa tamu asing yg datang ke warung KaTa Pusur sangat mengapresiasi rebusan aneka sayuran lokal. Hmmmm hmmmmm hmmmm gumamnya. Beberapa pelanggan Warung KaTa Pusur secara rutin datang mencari plecing. Seorang ibu pernah menyatakan keberatannya karena sayuran krokot tidak selalu tersedia setiap saat.

Ketersediaan sayuran krokot memang gampang-gampang susah. Satu ikat ukuran genggaman orang dewasa, dihargai seribu rupiah di pasar-pasar tradisional. Si mbah penjual bayam, kenikir, cenil dan sayuran lainnya biasanya menjual krokot. Hanya 2-5 ikat saja. Tidak banyak yg beli. Sayuran ini pun cepat layu jadi harus laku habis terjual per hari itu. Tidak setiap hari tersedia di pasar sayangnya. Mungkin kelak krokot bakalan dikalengkan kalau memang sayuran ini ngetop dan dicari orang.

Banyak orang bilang sayuran krokot mudah didapat di galengan sawah dan kebun. Kami pun mulai menanam di petakan lahan Warung KaTa Pusur. 

Resep Plecing
Bahan dan alat untuk membuat bumbu plecing cukuplah mudah dan simpel.

5 siung bawang merah di bakar 
5 buah cabai rawit
1/2 sdt garam
3 biji asam jawa
1/2 batang gula jawa .

Cara Membuat.

Siapkan cobek + ulekan haluskan semua bahan kecuali gula dan asam sampai halus sesudah itu masukkan gula merah dan asam jawa. 

Sambel plecing siap di nikmati dengan colekan rebusan sayur.


Gimana? Spesial kan menu plecing kami? Hayuk atuh mampir, kita ngobrol2 soal pangan lainnya yang pastinya lokal dan sehat 😊😊 #krokot #plecing #pangansehat #mengolahrasamembangunjiwa


+++++++++++

*ADHD adalah singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. Kondisi ini dulunya dikenal dengan ADD atau Attention Deficit Disorder.

c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar