Minggu, 20 November 2016

Selai Buah Naga

Buah naga banyak ditemukan di Jogjakarta. Beberapa perkebunan buah naga memang dikenal berada di Jogja. Kebetulan salah-seorang kawan kami memiliki kebun buah naga yg memakai sistim LEISA (Low External Input of Sustainable Agriculture) di kebunnya.

Dimakan langging segar rasanya. Kalau punya buah naga banyak di rumah, dibuat selai saja. Masukkan selai buah naga ke kulkas, bisa tahan sampai 10 hari. Buat sendiri selai buah naga, enak segar. Mudah saja buatnya. Prinsipnya buah dihancurkan, panaskan, tambahkan gula jika suka (sebaiknya tidak terlalu banyak), dan tepung pati. Kami menggunakan tepung garut sebagai pengental selai.

Alat dan bahan:
Buah naga satu buah. Air untuk campuran, 500 ml. Gula putin untuk pengawet alami dan remains sebanyak 350 gr. Tepung garut 3 sdm. Agar-agar putih 2 sdt. Jeruk nipis 2 sdm.

Blender, panci.


Bahan Pembuatan Selai Buah Naga.
Resep selai buah naga:

Satu buah naga beserta kulit (setengahnya buah) diblender dgn air 500 ml, lalu dipanaskan dipanci. Kemudian campur dgn gula 350 gr, tepung garut 3 sdm, agar 2 sdt, jeruk nipis 2 sdm. Aduk hingga larut dan mengental. Setelah dingin, simpan dalam kulkas.


Selai Buah Naga Buatan Sendiri
Oleskan selai buah naga dengan kue kering atau pancake untuk sarapan. Tambahkan selai buah naga di atas tiwul akan menghasilkan perpaduan timur dan barat yg unik di lidah. 

Mari mengeksplor aneka rasa produk petani Nusantara. Karena kita kaya aneka rasa dari produk petani lokal. Pilih-pilih yg sehat tanpa semprot pestisida kimia berbahaya tubuh dan lingkungan. Menjadi konsumen cerdas, menyediakan pangan sehat untuk keluarga tercinta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar