Jumat, 25 November 2016

Ayo Berkebun di Warungkatapusur

Membeli Bibit Cabe dan Tomat di Persemaian Polanharjo.
Sebidang tanah 'tidur' di sebelah Warung KaTa Pusur kami pergunakan untuk kebun percobaan aneka tanaman keras dan tanaman sayuran yg biasa kami gunakan sehari-hari untuk memasak.

Keinginan untuk menyediakan sayuran segar dari kebun petani lokal yg ditanam sehat tanpa semprot pestisida, adalah mulia. Membayangkan apakah subsistensi bisa terjadi. Bagaimana satu keluarga petani bisa bertahan dari sepetak lahan ukuran kurang dari 1/4 ha.


Beragam pertanyaan yg pembuktiannya yaaaa dicoba lah. Namanya juga praktek, ya musti dicoba-coba lah. Merasakan bagaimana panasnya mencangkul, mencari bibit aneka sayuran, mencabuti rumput agar tumbuhan pokok mendapat asupan hara dan cahaya cukup.

Wijaya Tani Persemaian Benih Sayuran.
Sepanjang Jalan Jatinom - Boyolali ada banyak toko-toko pertanian yg menjual aneka bibit sayuran. Bisa dilihat di kiri-kanan jalan, plang seperti ini. 

Cabe, tomat, terong hijau yg dominan dijual. Benih siap tanam usia 10-20 hari. Satu kotakan benih berisi 200 benih seharga 30 - 40 ribu, tergantung jumlah jenis benih. 

Bunga Telang Clitoria Ternatea.
Bunga telang kami tanam dalam satu larikan di kebun WKP. Benih bunga telang kami bawa dari Warung PSSM Martani Prambanan yg habis masa sewanya. Setelah satu bulan, bunga biru pertama pun muncul. Cakep.

Umbi Uwi. 


c

c


c

cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar