Rabu, 23 November 2016

Kue Cuhcur Polan

Ibu Sum membuat kue cuhcur untuk diberikan ke besannya yg sedang melakukan hajatan nikahan. Membuat sendiri jajanan pasar adalah hal yg umum dilakukan di desa. Ada aneka jenis pangan lokal berbahan dasar tepung lokal. Menjadi bersemangat mengetahui apa lagi kue lokal yg biasa dibuat ibu-ibu di Polanharjo.

Ada kue cuhcur berwarna coklat, biasa ditemukan di daerah Jawa Barat. Coklat karena menggunakan gula jawa sebagai pemanisnya. Kuih Cucur adalah sebutan di Malaysia, Khanom Fak Bua atau Khanom Chuchun sebutan di Thailand. Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam kata Wikipedia soal asal-muasal kue beras ini. Biasa dimakan pencuci mulut. Terbuat dari tepung beras, gula dan santan.


Cara Menggoreng Kue Cuhcur.

Tepung beras yg digunakan Ibu Sum adalah tepung beras hasil menggiling sendiri, bukan tepung beras pabrikan dalam kemasan. Bahan: 6 liter beras, 4 kg gula pasir dan 3 buah kelapa. Wah banyak sekali gulanya, komentar seorang kawan di IG +warungkatapusur Polanharjo

Harus kental gulanya agar bisa digoreng cantik jelas Bu Sum. Harus sabar ngegorengnya. Sambil disiram minyak yg tidak terlalu panas, pasang api kompor dalam posisi api kecil agar panas merata dan cuhcur tidak gosong di luar mentah di dalam. Bagian tengah cuhcur ditusuk lidi, dilukai, itu yg memberi kesan kue mengembang.  

Apakah bisa gulanya dikurangi untuk menghindari terkena diabetes? Ada banyak jajanan lokal kita dibuat dari bahan yg dengan sedikit modifikasi bisa jadi pangan lokal pangan sehat. Mungkin beberapa waktu lalu, saat kebiasaan mengkonsumsi yg manis-manis ala nasgitel (panas, legi, kentel), jaman susah saat transisi kemerdekaan dan transisi pemerintahan Orde Lama, dimana makanan sulit didapat, asupan gula menjadi kebutuhan untuk mengimbanginya. Pola makan dan kondisi lingkungan yg semakin rusak, penyesuaian adalah keharusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar