Sabtu, 24 Desember 2016

Es Krim Puter Kepanjen


Siapa yg tidak kenal kelezatan jajanan masa kecil es krim puter. Es dung dung. Es dong dong. Es puter. Atau apalah sebutan nama jajanan ini.

Di Dusun Karangbendo, Desa Kepanjen ada pengrajin es krim puter. Jalan Kepanjen -Koripan. Mereka melakukan aktivitas memutar pesanan es di pelataran di depan rumahnya yg sekaligus menjadi gudang. Sangat mencolok mata karena ada tiga orang laki-laki, membungkuk, memutar-mutar tutup es yg dibuat dari semacam seng tebal.


Kekentalan sesuai pesanan. Kami menggunakan air matang untuk membuat adonan susu. Menggunakan SKM kalengan. Es balok dipotong menjadi potongan es berukuran kecil, dimasukkan ke dalam karung di sekitar ember seng diameter 30 cm. Garam krosok (garam kasar) dicampurkan ke dalam es batu. Membantu agar proses es dong-dong lebih cepat terjadi.


30 balok es untuk 250-300 porsi. Butuh waktu 2 jam untuk memutar satu adonan susu sehingga menjadi es serut. Kami ber-4 sudah mulai bekerja sejak jam 4 pagi untuk siap diantar jam 11 siang. Pesanan dari Desa Cepogo, pesta pernikahan.

Membuat es puter biru bunga telang bisa nih. Cakep warnanya sehat pulak jiyahhhh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar