Sabtu, 10 Desember 2016

Bunga Telang Penghilang Racun Tubuh

Bunga Telang Clitoria Ternatea.
Bunga Telang (Clitoria ternatea) merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang banyak dijumpai di hutan, pinggiran sawah dan sungai, serta perkarangan rumah penduduk yang biasanya dijadikan tanaman hias karena memiliki warna biru terang, ada juga berwarna putih dan ungu sehingga indah dilihat. Selain untuk tanaman hias, bunga telang ternyata bisa dikonsumsi sebagai makanan dan minuman serta sebagai pewarna alami untuk kain dan memiliki banyak khasiat yang menyehatkan tubuh.

Khasiat Bunga Telang :

1. Mengobati Gangguan Penglihatan
Bunga telang dapat mengatasi mata merah atau sakit mata lainnya serta mencerahkan penglihatan. Caranya dengan merendam beberapa kuntum bunga telang kedalam segelas air hingga air menjadi berwarna biru. Selanjutnya air tersebut digunakan untuk mencuci mata dengan cara dibasuh ke kedua mata kita.

2. Mencuci Darah
Darah yang kotor dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit di dalam tubuh. Air bunga dan akar telang jika dikonsumsi rutin akan membantu untuk mencuci darah kita

Bunga Telang Kering Siap Di Distribusikan.
3. Mengatasi Radang Saluran Pernapasan
Rebusan air dari akar dan bunga telang dapat mengatasi radang saluran pernapasan, diminum tiap pagi hari dan malam hari masing-masing sebanyak satu gelas.

4. Pewarna Makanan Alami
Warna biru dari bunga telang dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami dengan mencampurkan air rebusan kembang telang biru kedalam makanan yang kita buat.

5. Menghilangkan Racun dalam Tubuh
Bunga telang bisa dijadikan teh herbal, dengan mengeringkan kuntum bunga telang dan lalu bunga telang yang sudah kering diseduh dengan air panas. Bisa juga ditambah dengan madu untuk menambah cita rasa

6. Mengobati Infeksi Tenggorokan
Berkumur dengan air rebusan akar dan bunga telang dapat mengobati infeksi tenggorokan terutama yang disebabkan oleh rokok, selain itu bisa meredakan batuk berdahak maupun yang tidak berdahak.

7. Memberikan Efek Tenang
Konsumsi bunga telang bisa membuat kita merasa tenang, senang, dan damai. Setelah bekerja seharian yang menyebabkan rasa lelah dan stress, meminum the bunga telang bisa membuat kita merasa rileks kembali.
Teh Biru Bunga Telang dari Bunga Segar.

8. Meningkatkan Kerja Otak
Cocok untuk seseorang yang mudah sekali lupa akan sesuatu, karena bunga telang dapat meningkatkan daya ingat kita. Selain itu, bunga telang juga memperkuat saraf dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan fungsi otak.

Ciri-ciri umum tanaman bunga telang :
* Batang merambat, jika masih muda biasanya berwarna hijau dan saat tua bisa menjadi putih kusam
* Tumbuh panjang bisa mencapai 5 meter
* Memiliki daun banyak, menyirip, dalam jumlah ganjil 3 atau 5 lembar dan berbentuk lonjong, bertangkai pendek, dan berwarna hijau
* Kelopak bunga ada yang berwarna biru terang, putih, merah muda, dan ungu
* Biji bunga telang mirip dengan kacang kedelai

Teh Biru Bunga Telang dari Bunga Telang Kering.

Menanam bunga telang terbilang cukup mudah yaitu dengan menggunakan biji bunga telang yang sudah tua dan kering untuk disemaikan. Bunga telang cocok bila dirambatkan pada pagar rumah, karena ia suka dengan sinar matahari penuh, dan untuk  dapat merangsang pertumbuhan tangkai sulur yang baru, kita bisa memotong beberapa tangkainya.



                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar