Selasa, 06 Desember 2016

Birunya Nasi Biru Bunga Telang

Nasi Biru Bunga Telang di Warung KaTa Pusur.
Nasi biru bunga telang adalah menu weekend di Warung KaTa Pusur. Satu porsi nasi biru bunga telang 6.000 rupiah. Butiran kacang, telur ceplok atau dadar (pilih sesuai selera), bisa juga ditambahkan sambal kacang.

Kami juga melayani nasi tumpeng biru untuk acara khusus anda. Lauknya pecel, ayam organik goreng atau bakar, telor dadar, kacang goreng, sambal, kerupuk.

Hubungi Yusup 0813.1780.5953 untuk pemesanan nasi biru bunga telang dan reservasi Warung KaTa Pusur Polanharjo.

Nasi Biru Bunga Telang
Warna biru didapat dari seduhan bunga telang. Pewarna alami makanan yg sehat tentunya karena bunga telang dikenal sebagai anti oksidan dan anti depresant. 

Bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tanaman merambat. Bunganya berwarna biru, berkembang setiap pagi. Tanaman jenis merambat ini cukup bandel, pastikan mendapat siraman air pagi dan sore hari, dan bunga akan bermekaran setiap pagi. Silakan menghubungi kami jika tertarik mendapatkan benih bunga telang.

Bunga Telang Clitoria Ternatea.
Inspirasi nasi biru kami dapatkan dari sebuah perjalanan ke sebuah restoran di Hat Yai, Thailand tahun 2013 dan kunjungan ke Kelantan, Malaysia tahun 2014. Pengolahan produk pertanian adalah sesuatu yg menantang kita semua. Meningkatkan nilai tambah bunga telang menjadi nasi biru atau nasi uduk biru, menambah semangat anak-anak untuk menikmati beras sehat tanpa pestisida kimia berbahaya.

Martani menyediakan beras sehat dari petani lokal, ditanam tanpa pestisida. Nasi biru adalah salah-satu usaha kami memasarkan beras sehat Martani. Konsumen diajak untuk mencicipi langsung jenis beras sehat sistim LEISA (Low External Impact of Sustainable Agriculture). Warna biru akan lebih terlihat jernih pada beras sehat.

Bunga Telang Merambat.
Resep Nasi Biru Bunga Telang
30 bunga telang (segar atau kering)
2 gelas air 
beras sesuai kebutuhan

Didihkan air sampai mendidih. Masukkan bunga telang (segar/kering) selama 5 menit. Matikan. Biarkan sampai air menjadi dingin dan bunga telang terlarut sempurna. Beberapa orang emilio menyeduh bunga telang dengan air panas untuk mendapatkan air berwarna biru. Air biru rebusan berwarna lebih pekat. Selera anda untuk mendapatkan warna biru yg diinginkan.

Tambahkan air biru ke dalam rice cooker, seperti layaknya anda menanak nasi. Untuk anda yg menanak nasi dengan dandang, tambahkan air biru untuk membuat aronan nasi. Warna biru lebih pekat saat beras dimasak dengan aronan, untuk kemudian dikukus.

Jika ingin mendapatkan warna biru pekat, tambahkan lebih banyak jumlah bunga telang sehingga air biru terjadi. Hati-hati menambahkan air biru berlebihan ujar Wiji sang koki Warung KaTa Pusur. Itu akan membuat nasi anda menjadi lembek kebanyakan air.

Jika anda suka nasi gurih atau nasi uduk, ganti air dengan santan. Rebusan santan dan bunga telang akan menghasilkan santan biru.

Lauk nasi biru ditambahkan sesuai selera.

Selamat mencoba.

end/ 
Tumpeng Biru Bunga Telang Martani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar