Sabtu, 03 Desember 2016

Teh Biru Bunga Telang

David datang ke Warung KaTa Pusur untuk bertemu seorang kawan lamanya. Mereka tergerak memesan dan kemudian menikmati teh biru bunga telang, salah-satu menu favorit kami. Untuk oleh-oleh kawannya di Jakarta, dia membeli beberapa plastik bunga telang kering. Teman sekantornya teriak girang dan merasa aneh dengan minuman berwarna menarik dan alami.

Apa itu teh biru, darimana asal warna birunya, apakah aman dikonsumsi, apakah ada khasiatnya. Bagaimana cara penyajiannya. Dan pertanyaan seputaran bunga telang terus berlanjut selama kunjungan mereka di Warung KaTa Pusur. Menyenangkan mendapat banyak love di IG-nya kemudian plus setumpuk orderan. Hehe...

Bunga Telang Kering Oleh-Oleh untuk Kolega Kantor David dan Teh Biru-nya (3/12/16)

Bunga Telang
Tanaman bunga telang (Clitoria Ternatea) adalah jenis tanaman merambat. Mudah tumbuh. Usia satu bulan sudah berbunga biru cantik. Kami memberikan biji bunga telang kepada pelanggan Warung KaTa Pusur yg datang mencicipi teh biru bunga telang. 

Ajakan untuk berkebun, menanam bunga telang adalah bagian dari gerakan hidup sehat yg ingin kami lihat terjadi. Bunga telang berfungsi sebagai pewarna alam. Lebih sehat menggunakan pewarna biru dari bunga telang daripada menggunakan pewarna buatan pabrik yg dikemas dan dibuat entah kapan dengan tambahan zat pengawet tentunya.

Bunga Telang di Kebun Warung KaTa Pusur (25/12/16)
Pastikan tanaman bunga telang anda mendapat asupan air yg cukup. Bunga telang akan mekar di pagi hari. Morning blossom mereka menyebutnya karena bunga-bunga kecil biru akan bermekaran cantik di pagi hari menutupi dedaunan kecilnya, menjadi hamparan karpet bermotif biru saat dilihat dari kejauhan.

Biru dan Ungu
Ambil 5-10 bunga telang kering atau bunga telang segar. Seduh dengan satu gelas air panas mendidih. Lima menit kemudian atau sampai warna biru sudah hilang dari petal bunga telang, saring pisahkan buang petal bunga yg sudah memudar. Teh biru anda siap dihidangkan.

Jika anda menginginkan teh biru menjadi warna ungu, tambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Perubahan pH membuat warna biru menjadi ungu.

Pendi Si Anak Kecil
Ekspresi dan kecintaan terhadap produk petani lokal kami wujudkan juga dalam bentuk hiasan dinding.
Pendi Si Anak Kecil Menggambar Bunga Telang di Bagian Belakang Warung KaTa Pusur.
c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar