Kamis, 05 Januari 2017

Ini Wader


Ketik ikan wader di google. Ikan wader untuk ibu hamil, itu salah-satu yg muncul. Aneh. Ada apa antara ikan wader dan ibu hamil? Kenapa wader banyak di Polanharjo?

Memancing Ikan Wader
Mudah sekali melihat pemandangan orang duduk di pinggir sungai, pinggir kolam bahkan pinggir selokan kali kecil. Sebagian dari mereka mengakui aktivitas memancing sebagai hobi, mengisi waktu luang dan menghilangkan kejenuhan, menenangkan pikiran. Ada juga yg menjadikan mancing sebagai aktivitas harian untuk mencari lauk keluarga untuk hari itu. 

Seorang bapak terlihat berjongkok di pinggiran lapangan Polan dekat WKP. Sedang mencari laron katanya. Saya menawarkan laron yg kami tangkap tadi malam dengan cara menaruh air di baskom. Saya mencari laron yg mati di atas rerumputan jelas si bapak. Bagus untuk pakan pancing. 

Ikan Wader
Ikan wader merupakan jenis ikan kecil dari suku Cyprinidae. Beberapa spesies ikan wader yang dikenal adalah wader pari (lunjar padi), wader bintik dua, dan beberapa jenis lain yang biasa disebut dengan wader saja. Ikan yang sering dikonsumsi lantaran memiliki rasa gurih ini biasa menempati danau dan sungai, bahkan selokan yang berair jernih. 

Di seluruh dunia diperkirakan terdapat lebih dari seratus jenis (spesies) wader dari sekitar belasan genus. Jenis lain dari ikan wader dapat berwarna merah dan kuning keperakan, namun semua memiliki ciri yang sama yaitu adanya bintik hitam di bagian bawah tubuhnya. 

Gizi Tinggi Ikan Wader
Ikan Wader merupakan ikan air tawar yang mempunyai nilai gizi tinggi. Ikan wader mengandung:

Kandungan Gizi per 100 gram
Kalori 84
Protein (gr) 14,8
Lemak (gr) 2,3
Kolesterol (mg) 58
Zat Besi (mg) 0,3

Kandungan gizi ikan wader sama dengan kandungan gizi ikan lele, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi baik itu anak-anak, dewasa bahkan baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Wader di Warung Kata Pusur
Karena biasa didapat di alam bebas perairan jernih, ikan wader dianggap tidak mengandung merkuri. Sehingga baik untuk perkembangan janin ibu hamil dan menyusui. 

Digoreng kering, cocol sambal. Di WKP kami biasa ada yg nganterin nih ikan wader hasil pancingan beberapa kawans. Kalau anda beruntung, bolehlah mencicip ikan lokal begini. Biasa juga sih kalau hari pasaran, ada yg jual ikan wader di Pasar Cokro.

Misalnya, ikan wader disajikan gaya sushi atau apalah pokoknya jangan melulu digoreng, bisa gak yahhhh ngayal. Kalau benar tidak mengandung merkuri, khan bagus dong dipikirkan bagaimana cara pengolahan lanjutannya. Tanya kakak-kakak lulusan Tekpang ahhhh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar