Minggu, 01 Januari 2017

Anak Harapan Bangsa - Kamus Rasa Sedini Mungkin

Seorang kawan menawarkan konsep kamus rasa istilahnya. Bisa dibaca artikel lengkap di alamat link di bawah. Berikut kutipannya.

Kamus Rasa seperti Kamus lainnya harus pertama-tama disusun. Kemudian kita perlu menciptakan semacam “search engine” yang akan mencari data-data rasa rindu dalam memori kita seperti kenang-kenangan makanan masa kanak-kanak kita. Kita akan menemukan bahwa makin kental dan asli rasa makanan, makin cepat kita merasa kenyang karena rasa rindu kita terpenuhi. Makin kental dan asli rasa masakan/makanan, makin sedikit dimakan karena langsung puas.


Mengenalkan rasa asli sedini mungkin perlu dilakukan. Yg banyak terjadi saat ini, sejalan dengan tumbuhnya berbagai mal dan hilangnya pasar tradisional, adalah hilangnya jajanan lokal. Kalaupun ada jajanan lokal, maka bahan dasar pembuatnya sungguh sudah tidak sehat. 5 P = pewarna, perasa, pemanis, pengawet, pengenyal. Anak-anak yg jadi korban. Kasian.

Kebanyakan bumbu, minyak goreng, gula, garam menutup rasa asli satu jenis makanan. Mengembalikan lidah ke rasa aslinya, wah wah wah. Usaha pelan-pelan lewat usaha warung.


Di Warung KaTa Pusur kami biasa didatangi anak-anak untuk menikmati free wifi. Kami dampingi untuk memilih tautan yg baik. Kami sajikan buah lokal dan panganan sehat.


Teh biru bunga telang menjadi salah-satu favorit, bersamaan dengan jeruk ungu bunga telang. Teh yg biasanya kita konsumsi adalah campuran dari aneka aneka. Bukan teh yg sesungguhnya. Sedangkan bunga telang yg diseduh air panas, tidak punya rasa khas. Warna birunya yg menarik. Sebut saja ini pengalihan dari hanya satu pilihan teh warna coklat. Pengembangan bunga telang dan banyak lagi tumbuhan potensial lain untuk dikembangkan.


Kelor juga salah-satu yg kami sering promosikan kepada para tetamu dan anak-anak. Mencampur kelor dengan susu atau yogurt menjadi sajian menarik. Boleh dicoba. Resep yoker ada di link berikut.


Bahan
* Yoghurt Plain           1 Liter (kami menggunakan Yoghurt Fabio buatan Chandra teman kami)
* Serbuk Daun Kelor  4 sdt (kami menggunakan serbuk daun kelor dari Martani Pangan Sehat, juga teman kami)
* Gula Pasir                 5 sdm

Alat
* Blender

Cara Membuat
1. Blender yoghurt beserta serbuk daun kelor dan gula pasir sampai halus
2. Sajikan dalam gelas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar