Senin, 02 Januari 2017

Kenapa Sayuran Dan Buah Fermentasi Meningkatkan Imunitas dan Kesehatan?

Tape dan asinan itu contoh fermentasi yg sudah akrab kita kenal. Tempe dan tahu juga. Roti dan bir adalah contoh fermentasi yg sudah mendunia. Keju, kefir, yoghurt, kimchi, asinan, kombucha, kecap, nata de coco, oncom, tempoyak dll.

Daftar makanan fermentasi se-dunia menurut Wikipedia bisa dilihat di link berikut. Banyak juga ternyata. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_makanan_hasil_fermentasi

Fermentasi Apakah Itu.
Fermentasi dalam pemrosesan bahan pangan adalah pengubahan karbohidrat menjadi alkohol dan karbon dioksida atau asam amino organik menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi dari ketiganya di bawah kondisi anaerobik. Perilaku mikroorganisme terhadap makanan dapat menghasilkan dampak positif maupun negatif, dan fermentasi makanan biasanya mengacu pada dampak positifnya.

Sains yang mempelajari fermentasi disebut dengan zimologi. Louis Pasteur merupakan pakar Zymologist pertama di dunia, ketika pada tahun 1856 ia menghubungkan keberadaan ragi terhadap proses fermentasi.

Fermentasi Sehat.
Manfaat utama fermentasi adalah pengubahan karbohidrat menjadi asam organik yang bersifat mengawetkan makanan. Contoh fermentasi yaitu jus anggur yang difermentasi menjadi minuman anggur, gandum menjadi bir, dan sebagainya. Fermentasi menjadikan makanan lebih tahan lama.

Setidaknya ada lima manfaat fermentasi:

  • Mengurai gula kompleks menjadi bentukan yg lebih mudah diserap usus
  • Membanjiri usus dengan mikroflora menguntungkan (probiotik)
  • Memperkaya variasi makanan dengan mengubah aroma, rasa, dan tekstur makanan
  • Mengawetkan makanan dengan menghasilkan sejumlah asam laktat, alkohol, dan asam asetat dalam jumlah yang signifikan
  • Memperkaya nutrisi makanan dengan menambahkan sejumlah protein, asam amino, serta vitamin. Membuat vitamin B seperti asam folat, riboflavin, niacin, thiamin dan biotin
  • Mengeliminasi senyawa anti nutrien
  • Mengurangi waktu dan sumber daya yang diperlukan dalam memproses makanan
  • Mengeluarkan racun dari makanan; semua biji-bijian mengandung asam fitat yang menghambat penyerapan zinc, zat besi kalsium, dan magnesium. Perendaman dan fermentasi biji-bijian menetralkan asam fitat.
Fermentasi Tidak Sehat, Apakah Ada.
Botulisme akibat makanan fermentasi pernah. Clostridium botulinum berkembang dengan baik pada kondisi kedap udara.

Proses Terjadinya Fermentasi.
xxx

Kenapa Fermentasi Meningkatkan Imunitas dan Kesehatan.
Mengkonsumsi makanan fermentasi adalah salah-satu hal terbaik untuk kesehatan keseluruhan. Masuknya mikroflora ke dalam sistim pencernaan tubuh meningkatkan imunitas dan kesehatan.

Rasa asam fermentasi akan memberi manfaat untuk hati dan kandung empedu.
Fermentasi mengandung bakteri sehat seperti Lactobacillus.
Fermentasi sayuran membuat antioksidan tinggi

Resep Sayuran Fermentasi.
Ada banyak resep dan sayuran yg bisa difermentasi. Berikut yg umum digunakan, dikutip dari https://buahbuahanx.blogspot.co.id

Kubis sering digunakan sebagai sayuran pokok karena sarat dengan bakteri menguntungkan yang dibutuhkan. Sayuran lain, seperti wortel, daun bawang, dan brokoli, juga dapat ditambahkan.

Cara Membuat:

  1. Potong sayuran yang Anda pilih menjadi potongan-potongan kecil. Semakin kecil semakin baik. Potongan sayuran kecil akan lebih mudah melepaskan cairan yg terkandung di dalamnya. 
  2. Campur semua sayuran dalam mangkuk besar.
  3. Gunakan garam secukupnya (1 sampai 3 sdm garam).
  4. Ketika Anda mencampur sayuran Anda akan menemukan cairan yg keluar dari potongan sayuran. Tuangkan cairan dan sayuran ke dalam toples. Tekan ke bawah untuk melepaskan gelembung udara dan untuk menenggelamkan sayuran sepenuhnya sehingga seluruh sayuran terendam.
  5. Tutup dengan kain agar tidak ada telur lalat dan serangga yg masuk. Atau gunakan tutup toples.
  6. Buka penutup toples setiap pagi agar tekanan terlepas. 
  7. Simpan dalam suhu kamar setidaknya 4-7 hari. Beberapa orang menyimpan sayuran fermentasi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. 
  8. Simpan dalam lemari es setelah anda mendapatkan rasa asam fermentasi yg diinginkan.

Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar