Selasa, 10 Januari 2017

Gampang Membuat Telur Asin Sendiri

Ada beberapa cara membuat telor asin, bisa menggunakan larutan garam, adonan garam, dan campuran garam dengan batu bata. Telur asin yang kami buat menggunakan cara yang pertama, yaitu dengan larutan garam. Kami memilih cara itu karena mudah dan murah dibanding menggunakan batu bata.

Begini cara membuatnya:

Bahan :

  • Telor bebek
  • Garam Krosok (butiran kasar bisa dibeli di pasar-pasar dalam bentuk kemasan plastik)
  • Air


Alat :
  • Toples Plastik
  • Amplas halus
Cara membuat:
  1. Cuci dan amplas telur hingga bersih
  2. Siapkan air dalam toples plastik, masukkan garam, aduk sampai garam tidak larut lagi (atau sampai telur mengambang bila dimasukkan kedalam larutan garam tersebut)
  3. Masukkan telur kedalam toples plastik
  4. Tutup rapat toples
  5. Simpan sampai kurang lebih 10 hari
Mengamplas telor bebek
Sekilas tak ada yang istimewa dengan telur asin yang kami buat, hanya dengan larutan garam bisa membuat telur asin yang enak. Tapi ada hal yang menarik yang membuat telur asin kami begitu spesial, yaitu bahan telor bebek yang kami pilih berasal dari bebek yang diangon. Mengapa? ini berkaitan terhadap kualitas telur yang dihasilkan dengan makanan yang dikonsumsi oleh bebek. Bebek yang diangon akan memilih dan mengatur makanannya sendiri agar cukup untuk memproduksi telur. sebaliknya jika bebek yang dikandangkan, makanannya atau nutrisinya diatur oleh manusia/si pemilik bebek, apalagi cuma dikasih dedak dengan jumlah banyak, jangan harap mendapatkan kualitas telur yang bagus, jumlahnya pun sangat sedikit karena bebek menjadi kegemukan dan sulit untuk bertelur.

Tentunya asal bebek ini masih disekitaran warung kami, karena kembali kepada misi kami yaitu memanfaatkan potensi pangan disekitar warung. Setiap hari gerombolan bebek lewat didepan warung kami, pemandangan yang cukup menggemaskan haha melihat bebek-bebek berbaris rapi sambil diarahkan oleh pemiliknya

Bebek-bebek yang diangon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar